Searching...
Sunday, July 7, 2013

Gejala Penyakit Jantung dan Serangan Jantung

11:10 PM
Gejala Penyakit Jantung dan Serangan Jantung - Sampai saat ini penyakit jantung merupakan pembunuh Nomor 1 di dunia. Mengapa hal demikian terjadi? Penyebabnya yaitu karena banyak penderita sakit jantung mengabaikan gejela-gejala penyakit jantung.


Berikut ini kami akan share beberapa informasi mengenai gejala penyakit jantung dan tanda-tanda seseorang terkena serangan jantung.

A. Gejala Penyakit Jantung


Berikut adalah gejala-gejala penyakit jantung yang sering diabaikan, seperti yang dilansir oleh detikhelath:

1. Sering Kelelahan
Jika Anda sering merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berat, segeralah konsultasikan ke dokter pribadi. Ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada jantung anda. Rasa lelah ini juga kerap dirasakan saat bangun tidur. 

2. Sering Berkeringat
Biasanya seseorang berkeringat usai berolahraga atau saat cuaca panas. Tetapi jika anda mudah berkeringat, meski tidak melakukan aktivitas apapun, kemungkinan jantung anda bermasalah. 

3. Mual Berlebihan
Gejala gangguan pada jantung seringkali diawali dengan pembengkakan di bagian perut. Hal ini menyebabkan hilangnya nafsu makan dan merasakan mual berlebih. 

4. Merasa Cemas dan Tegang
Banyak yang meyakini bahwa serangan jantung berbuntut pada trauma. Mereka yang pernah mengalami serangan jantung lebih sering mengalami ketegangan, ketakutan, atau kecemasan akan kematian. Hal ini dikaitkan dengan kecemasan psikologi dan stres yang menyebabkan serangan lebih sering.

5. Nyeri pada bagian tubuh
Rasa nyeri menjadi pertanda kuat penyakit jantung. Pada pria, rasa nyeri dirasakan di bagian lengan kiri, sementara wanita mengalami rasa sakit di kedua lengan. Rasa sakit datang dan pergi ini juga dirasakan di bagian bahu, punggung siku, dan leher. Nyeri di beberapa titik bagian tubuh ini disebabkan karena terjadi penyumbatan arteri.

6. Nyeri di dada
Ini merupakan gejala umum masalah jantung. Wanita akan lebih mungkin merasakan nyeri di bagian dada karena penyumbatan arteri yang menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mati rasa dan kelemahan tubuh.

7. Sakit kepala
Mereka yang memiliki masalah pada jantung, akan merasakan sakit kepala saat terkena paparan cahaya. Ini berpengaruh pada denyut jantung, entah itu berdenyut lebih lambat atau lebih cepat. 

Terutama pada wanita yang sering mengalami migren atau gangguan visual, setidaknya dua kali dalam sebulan, perlu waspada. Bisa jadi ini merupakan gejala perkembangan penyakit jantung. Demikian menurut studi yang diterbitkan American Academy of Neurology. Menurut peneliti, ini terjadi karena penyimpangan sirkulasi darah yang menyebabkan sakit kepala parah.

8. Denyut jantung tak teratur
Jika Anda mengalami denyut jantung tak teratur, ini patut diwaspadai karena dapat berakibat fatal. Denyut jantung tak teratur umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

9. Sesak napas
Sesak napas disebabkan karena penebalan pembuluh darah yang menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh. Ini juga berakibat pada denyut jantung yang tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi, penebalan otot jantung, serta kelainan pada katup jantung.

10. Pembengkakan Kaki dan Perut
Pembengkakan terjadi ketika cairan menumpuk di dalam tubuh. Umumnya terjadi pada bagian pergelangan kaki dan perut. Gejala ini merupakan tanda bahwa jantung sedang mengalami kecacatan serta adanya kelainan pada katup jantung.


B. Gejala Serangan Jantung


Pada pria gejala serangan jantung juga dapat dilihat dari gangguan fungsi seksual serius dan kebotakan rambut. Kolesterol dan lemak yang berlebih dalam tubuh menjadi faktor pemicu gangguan jantung. Untuk itu anda wajib mengetahui dan mewaspadai gejala serangan jantung yang muncul secara tiba-tiba:

1. Tiba-tibamuncul rasa sakit pada bagian dada belakang tulang dada atau seperti sesak di dada.
2. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit 20 menit atau lebih.
3. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seperti tercekik sampai menyebabkan keluar keringat dingin.
4. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama pada jantung.

Jika anda pernah mengalami gejala-gejala seperti di atas, maka segeralah periksakan diri anda ke Dokter. Untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.
Sekian artikel mengenai 
Gejala Penyakit Jantung dan Serangan Jantung semoga bermanfaat untuk kita semua agar kita tidak terlambat menangani penyakit yang menjadi pembunuh nomor 1 di dunia ini.

0 comments:

Post a Comment